Pikiranrakyatjambi.com Memberikan informasi yang ditulis secara singkat, padat, jelas dan humanis. Untuk menjawab kebutuhan masyarakat Jambi di Era Digital saat ini Peringati Ista Mi'raj 1445 Hijriah PJ Walikota Hadir Bersama Jamaah Di Masjid Raya - Portal Berita Online | Pikiran Rakyat Jambi -->

2/12/2024

Peringati Ista Mi'raj 1445 Hijriah PJ Walikota Hadir Bersama Jamaah Di Masjid Raya

Peringati Ista Mi'raj 1445 Hijriah PJ  Walikota Hadir Bersama Jamaah Di Masjid Raya

Pikiranrakyatjambi.com, JAMBI - Bulan Rajab salah satu bulan yang mulia bagi umat Islam, yang didalamnya terjadi momentum Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. Peringatan peristiwa itu pun menggema di seluruh penjuru dunia tak terkecuali di Kota Jambi. 


Momentum perayaan Isra Miraj Nabi Besar Muhammad SAW 1445 H/2024 masehi, turut diperingati jajaran Pemerintah Kota Jambi. Peristiwa penting yang terkandung didalamnya perintah ibadah shalat itu berlangsung Ahad malam (11/2/2024), di Masjid Raya Megat Sari Pasar Jambi. 

Perayaan Isra Miraj tingkat Kota Jambi yang berlangsung khidmat itu, selain dihadiri masyarakat dari berbagai masjid dan majelis taklim dalam Kota Jambi, turut dihadiri langsung Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih, Sekda A. Ridwan beserta isteri, Asisten Sekda, Staf Ahli Wali Kota, Kepala OPD lingkup Pemkot Jambi, Camat, Lurah dan Ketua RT se-Kecamatan Pasar Jambi.

Dalam sambutannya Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih menyampaikan makna peringatan Isra Miraj sebagai dua bagian dari perjalanan yang di lakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa ini Nabi Muhammad SAW mendapatkan perintah utk menunaikan sholat 5 waktu sehari semalam.

"Adapun hikmah Isra Mi'raj Nabi besar Muhammad SAW yang terpenting tidak lain perintah shalat itu sendiri yang kemudian menjadi ibadah wajib bagi setiap umat Islam dan memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan ibadah-ibadah wajib lainnya," turur Sri dalam sambutannya.

Pj Wali Kota Jambi itu menjelaskan Isra adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari masjidil Haram di kota Mekkah ke Masjidil Aqsha di Palestina. Isra merupakan perjalanan yang berlangsung dari masjid ke masjid. Sementara Miraj merupakan lanjutan perjalanannya Nabi Muhammad SAW ke Sidratul Muntaha.

"Hal ini juga dapat kita simpulkan, bahwa apabila kita umat Islam ingin mengalami kemajuannya dan terarah dalam hidup, maka salah satu caranya yakni, sumberdaya manusia umat Islam harus mendapat pembinaan dari masjid. Sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rasulullah. Oleh karena itu, setiap umat islam harus cinta kepada masjidnya, gemar beribadah di masjid, mau menjaga dan memakmurkan masjid," terang Sri.

Sri menyebut, Isra Miraj telah mencatatkan sejarah kebesaran Masjidil Aqsha yang dahulu disebut Baitul Maqdis. Namun kondisi masjid itu saat ini menimbulkan banyak simpati dari umat Islam dan masyarakat dunia karena berada dalam ancaman zionis Israel.

"Masjid tersebut telah lama menjadi sasaran penjajahan dan penindasan oleh kaum yang tidak punya hati nurani terhadap perdamaian dunia, yaitu Zionis Israel.
Memang, jika kita berbicara tentang masjidil Aqsha, hati ini sangat pilu, sedih dan marah. Betapa tidak, sekarang ini saja, sudah puluhan ribu saudara-saudara muslim kita di Palestina di bantai oleh Zionis Israel. Rumah-rumah kediaman dan gedung-gedung tempat usaha mereka dihancurkan. Termasuk juga masjid-masjid dan gereja, juga rumah sakit Indonesia yang berada di Gaza," sebut Sri.

Dia pun kembali mengimbau agar masyarakat dunia khususnya umat Islam di Kota Jambi untuk tak berhenti membela warga Palestina yang terus menjadi korban kebrutalan penjajah Zinonis Israel.

"Untuk itu, sebagai umat Islam yang mencintai perdamaian khususnya di Kota Jambi, Saya mengimbau, kita harus mendukung saudara-saudara kita di Palestina. Kita harus membantu mereka dengan dukungan sumbangan berupa donasi dari kita seberapa pun yang kita mampu. Juga membantu dengan doa-doa yang insyaAllah mustajab agar warga Gaza dan Palestina umumnya diberikan oleh Allah kesabaran, ketabahan, keselamatan, kekuatan dan kemenangan hakiki atas kaum penjajah Zionis Israel yang keji dan kejam," tutur Sri.

Selain mengajak jamaah yang hadir dapat mengambil hikmah peringatan Isra Miraj, Pj Wali Kota Jambi itu juga mengajak jamaah masjid dan segenap warga Kota Jambi untuk turut berperan menyukseskan Pemilu serentak yang dalam hitungan hari akan berlangsung.

"​Pemilihan Umum telah memanggil kita, mari kita sambut dengan gembira, mari kita gunakan hak pilih sesuai hati nurani kita serta bersama-sama pula kita menjaga situasi Kota Jambi yang kondusif ini," kata Sri.

Dia juga mengapresiasi masyarakat Kota Jambi yang selalu menjaga ketertiban, kedamaian, ketentraman dan persatuan. 

"Saya yakin bahwa warga Kota Jambi akan selalu memegang prinsip-prinsip itu. Karena saya tau betul bahwa Pemilu di tahun-tahun yang berlalu, Kota Jambi selalu damai, aman dan tenteram. Kota Jambi sudah terkenal sebagai negeri yang aman, negeri yang Baldatun Thoyybatun warabbun Ghofur. Itu semua berkat warga kota yang memiliki perilaku yang santun dan agamis, yang selalu memegang prinsip persatuan umat, serta selalu menjaga kerukunan bersama," pungkas Pj Wali Kota Jambi itu.

Sementara itu penceramah Al-Ustadz Dr. KH. Zainul Arifin, M.Ed, M.A Pimpinan Pondok Pesantren Darul Arifin Jambi, dalam tausiahnya banyak mengupas hikmah Isra Miraj dikaitkan dengan kehidupan kekinian. Ia mengatakan sudah menjadi kewajiban umat Islam mengagungkan dan menyemarakkan perayaan penting kisah perjalanan Rasulullah bertemu dengan Allah SWT untuk menerima perintah shalat 5 waktu itu.

Menurut KH. Zainul Arifin, banyak makna dan hikmah penting dari perayaan Isra Miraj yang dapat terus diambil dalam menjalankan hidup di dunia ini dengan baik. Selain sebagai mukjizat bukti kenabian, Isra Miraj juga memberikan pesan-pesan moral keteladanan dan penghambaan yang total dari makhluk kepada Sang Khaliq.

"Isra Miraj bukanlah peristiwa yang sederhana. Tetapi peristiwa yang menampakkan ayat-ayat (tanda-tanda kekuasaan) Allah yang paling besar, peristiwa itu mengajarkan kepada kita bahwa tidak ada yang tidak bisa Allah lakukan. Semoga ini menjadi hikmah yang besar buat kita semua," harapnya.

Berita Terkait

Semua Berita

© Copyright 2020 Portal Berita Online | Pikiran Rakyat Jambi | All Right Reserved